Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Kunyit putih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang bermanfaat sebagai obat herbal dalam berbagai macam jenis penyakit salah satunya penyakit kista. Kandungan yang terdapat di dalam kunyit putih membantu tubuh Anda untuk mengatasi kista. Kunyit putih merupakan sejenis umbi yang berbuah tahunan dengan rimpang bulat dan berwarna putih hampir seperti kencur. Kunyit putih (curcuma mangga) merupakan tanaman rempah dan obat tradisional yang sudah banyak dikenal oleh orang Indonesia berkat berbagai macam khasiat yang dikandungnya. Kegunaan kunyit putih ini sangatlah beragam, mulai dari kecantikan, kesehatan, bahkan hingga untuk mengobati penyakit kronis. Namun ingat, kunyit putih ini berbeda dengan kunyit kuning yang biasa digunakan sebagai bumbu masak. Di beberapa daerah di Indonesia kunyit putih ini sering digunakan sebagai obat herbal untuk menurunkan demam, atau ada juga yang memanfaatkan kunyit putih ini sebagai cara untuk mengatasi keracunan makanan dan juga batuk darah.

Kandungan Kunyit Putih
Setelah dilakukan banyak penelitian, ternyata kandungan di dalam kunyit putih ini cukup kaya yang di antaranya adalah sebagai berikut : Mengandung RIP (Ribozom Inacting Protein) di mana zat ini berguna dalam mencegah, merontokkan, memblokir dan juga menonaktifkan sel kanker tanpa merusak sel di sekitarnya. Zat Curcumin (Anti Inflamasi) di mana zat ini merupakan zat yang dapat mengatasi inflamasi atau peradangan. Zat Anti Lipid Peroksida, yakni dapat membantu pengobatan darah tinggi, asam urat, diabetes juga jantung koroner. Flavonoid Saponin, yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh (immunomodulator). Selain itu kunyit putih juga mengandung anti oksidan yang dapat melindungi penyusun gen.

Mengobati penyakit maag – Gejala penyakit maag terjadi karena pola makan yang tidak teratur dan memakan makanan yang memicu asam lambung terlalu banyak. Ada baiknya kita mengobatinya dengan kunyit putih agar penyakit tidak semakin parah. Caranya : Kunyit putih dibersihkan kemudian dipotong-potong. Lalu rebus dengan 500 cc air, rebus sampai airnya tinggal separuhnya. Saring ramuan kemudian dinginkan. Minum selagi hangat dengan ditambahkan madu. Minum 2 kali sehari, dosis 50 cc sekali minum. 

Mencegah kanker payudara – Selain kanker serviks, gejala kanker payudara sangat ditakutkan oleh kaum wanita, untuk mengurangi resikon terjadinya kanker ini dapat membuat ramuan dengan manfaat kunyit putih. Caranya, kunyit putih dan beberapa bahan lain seperti keladi putih di cuci bersih dan dipotong-potong. Rebus dengan air sebanyak 4 gelas, tunggu sampai tinggal setengahnya. Saring dan dinginkan, kemudian minum dengan campuran madu alami untuk pemanisnya.
Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan
sumber poto dari manfaatkunyit
Mengobati Kista - Kunyit putih juga dapat digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengobati penyakit kista. Caranya, campurkan masing-masing 10 gram kunyit putih kering, temu putih, tapak liman kering, dan pegagalan kering dengan 30 gram cakar ayam segar. Rebus dengan air 1 liter hingga tersisa setengahnya kemudian dinginkan. Minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

Zat Anti Radang - Manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang selanjutnya adalah sebagai zat anti radang. Anti bakteri yang terkandung di dalam kunyit putih ini sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan luka dan infeksi. Sehingga Anda akan terhindar dari bekas luka atau kapalan.

Obat Awet Muda - Sifat antioksidan dari kunyit putih yang dicampur dengan madu terbukti dapat mengurangi bahkan menghindari proses penuaan dini.

Penyegar Kulit - Sebagai penyegar kulit, Anda dapat mencampurkan kunyit, madu dan juga jus lemon secara sekaligus. Minumlah campuran tersebut setiap hari secara rutin. Anda akan merasakaan manfaatnya setelah beberapa kali meminum ramuan tersebut.

Menambah Nafsu Makan - kunyit putih juga ternyata mampu membantu menambah nafsu makan. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang melakukan program menambah berat badan. Selain itu, khasiat ini juga tentunya berguna untuk anak yang susah makan.

Untuk Obat Luar - Kunyit putih juga ternyata dapat digunakan sebagai obat luar. Caranya, parut kunyit putih lalu campur dengan asam kawak atau dapat pula dicampur dengan minyak kelapa. Kemudian balurkanlah pada bagian yang sakit. Cara ini dapat digunakan untuk luka lebam, bangkak, dan juga bisul.

Mengobati Masuk Angin - Untuk mengobati gejala masuk angin, Anda dapat mengambil 200 gram kunyit putih, kemudian dicuci sampai bersih, kupas dan parut. Hasil parutan tersebut diperas dan air perasannya kemudian direbus. Air rebusan inilah yang dimanfaatkan untuk mengobati masuk angin. Dapat pula ditambahkan madu untuk pemanisnya.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker -Kunyit putih memiliki kandungan alami yang mana berkhasiat nyata untuk membantu proses penyembuhan penyakit kanker. Cara mengolahnya tidaklah sulit, kunyit bisa diparut halus, diperas sarinya dan diminum langsung. 

Melembabkan Kulit yang Kering - Kunyit putih memiliki kandungan antiseptik dan antioksidan sehingga memberikan nutrisi pada kulit yang kering agar lebih lembab tanpa perlu menggunakan pelembab buatan. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan madu karena madu dapat mengikat air yang berguna untuk mempertahankan kelembaban dan kesehatan kulit bagian dalam. 

Selain itu pada penelitian yang banyak dilakukan, ternyata manfaat kunyit putih mangandung sejumlah zat yang mampu mengendalikan gejala kanker karena mampu menahan peradangan dan pembengkakan jaringan tubuh. Kunyit putih ini juga dapat mengatasi keputihan untuk menghindarkan terjadinya permasalahan yang lebih serius seperti gejala kanker serviks.
Bagi ibu hamil dan menyusui juga perlu menghindari penggunaan kunyit putih secara langsung (dimakan). Karena kandungan zat dalam kunyit putih tersebut dapat membahayakan janin hingga menyebabkan keguguran dan juga gangguan usu besar
 sumber dari manfaatbacaterus

0 Response to "Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan"

Posting Komentar